Faktor Resiko Penyebab Mata Merah dan Solusinya

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Selamat datang Di caramengobatisakitmata.blogspot.com Kumpulan obat sakit mata baik alami maupun dari obat medis yang biasa anda beli di apotik.

Penyebab Mata Merah . Pasti sobat saksikan sendiri mata merah paling banayk dirasakan oleh pasien sakit mata sebab mata merah ini merupakan reakasi dari gangguan mata . terkadang masuk benda-benda kecil dan binantang kecil bisa menyebabkan mata merah oleh karena , bangun tidur bisa saja mata merah dari itu kita butuh hal yang penting untuk mengatahui penyab mata merah atau faktor resiko mata merah .

Faktor Resiko Penyebab Mata Merah dan Solusinya

Mata Merah Itu Apa ?

Mata merah adalah gejala penyakit akibat peradangan atau infeksi lapisan transparan yang terletak di bagian dalam kelopak mata dan di bagian yang menutupi putih mata.
Penyebab Mata Merah

Gejala Mata Merah

Gejala mata merah terjadi akibat membesarnya pembuluh darah pada bagian putih mata atau kelopak mata. Pembesaran tersebut timbul sebagai reaksi mata terhadap iritasi, infeksi, atau peradangan.

Pada mata merah akibat infeksi bakteri, gejala yang muncul antara lain nyeri, bengkak, gatal, keluar tahi mata berwarna kuning kehijauan, mata rasa berpasir, silau, atau kelopak mata lengket pada saat bangun tidur. Jika parah, dapat disertai demam, sakit kepala, dan badan lemas.

Pada mata merah akibat infeksi virus, gejalanya berupa bengkak pada kelopak mata, gatal, rasa terbakar, banyak keluar air mata, dan keluar kotoran mata bening atau keputihan.

Mata merah akibat alergi mempunyai gejala utama gatal yang hebat, keluar air mata, dan pembengkakan kelopak mata. Rasa nyeri biasanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi antara lain debu, serbuk sari tanaman, atau bulu binatang. Seringkali mata merah karena alergi disertai gejala alergi lain seperti bersin, hidung gatal, atau radang tenggorokan.

Mata merah akibat paparan bahan kimia menyebabkan gejala berupa mata berair, perih, dan keluar cairan kental berwarna keputihan. Untuk mengatasinya, dibutuhkan pembilasan dengan air yang banyak.

Penyebab Mata Merah atau Faktor Resiko

Mata merah ini memangan masalah umum yang dapat mempengaruhi pada satu atau kedua mata.Kemerahan di mata berasal dari pembuluh darah diperluas ke permukaan mata Anda karena peradangan, biasanya dari beberapa bentuk iritasi atau infeksi.

Penyebab mata merah paling sering karena peradangan pada selaput yang menutupi bagian putih mata Anda dan lapisan kelopak mata Anda. Membran ini disebut konjungtiva, radang konjungtiva juga disebut konjungtivitis.

Ada berbagai macam penyebab mata merah, antara lain:

  1. Bakteri
  2. Virus
  3. Allergi
  4. Bahan kimia.seperti obat-obatan dan juga makanan yang banyak kimianya
  5. Bakteri konjungtivitis
  6. Blepharitis (peradangan yang mempengaruhi kelopak mata Anda)
  7. Infeksi herpes kornea (herpes)
  8. Ulkus kornea
  9. Mata kering
  10. Episkleritis (peradangan selaput yang menutupi bagian putih mata)
  11. Debu di mata
  12. Iritis (radang bagian berwarna dari mata)
  13. Keratitis (radang kornea)
  14. Selulitis orbita (infeksi berat dari jaringan di sekitar mata)
  15. Scleritis (peradangan bagian putih mata)
  16. Perdarahan subconjunctival
  17. Uveitis (radang lapisan tengah mata)
  18. Lelah karena di depan komputer .
  19. Ngantuk berat
  20. Minuman keras dan rokok
Setiap penyebab mempunyai gejala yang berbeda dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. untuk itu meri kita lihat cara mengobati mata mereah beradasarkan penyebabnya .

Pengobatan Mata Merah

setelah kita tahu apa Penyebab Mata Merah maka kita lanjutin ke Pengobatan mata merah tergantung pada penyebabnya. Pada mata merah akibat infeksi bakteri, pengobatan dilakukan dengan pemberian tetes mata antibiotik. Pada anak-anak biasanya digunakan salep mata antibiotik, karena lebih mudah cara pemberiannya. Walaupun demikian, salep mata dapat mengaburkan pandangan selama beberapa menit.

Mata merah juga  dikenal sebagai konjungtivitis. Terjadi ketika membran transparan atau konjungtiva lapisan kelopak mata dan bagian putih bola mata meradang. Ada tiga penyebab utamanya, yaitu, reaksi alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri. Penularan dapat terjadi jika mata merah disebabkan oleh bakteri dan virus, bukan oleh reaksi alergi.

Peradangan atau pembengkakkan di mata membuat pembuluh darah lebih terlihat, itulah yang membuat mata kita terlihat merah ketika mengalami iritasi atau infeksi. Mata merah juga menyebabkan gatal dan membuat mata lebih berair, lalu menimbulkan bengkak pada kelopak mata.

Pengobatan untuk mata merah tergantung pada penyebabnya. Untuk mata merah karena alergi, dokter akan memberikan antibiotik untuk berbagai bakteri. Tetapi antibiotik tidak berpengaruh pada mata merah akibat virus, sehingga kita harus menunggu virus hilang dengan sendirinya selama seminggu atau dua minggu.

Pengobatan mata merah akibat infeksi virus lebih berfokus pada mengurangi gejala. Jika ada nyeri, maka dapat diberikan antinyeri. Virusnya sendiri akan hilang setelah beberapa hari oleh daya tahan tubuh.

Mata merah akibat alergi diobati dengan tetes mata yang mengandung antialergi (misalnya antihistamin) atau antiperadangan (misalnya kortikosteroid).
      Baca juga : Cara Tes Buta warna online

Kapan ke dokter karena mata merah ?

Kehilangan penglihatan
  1. Sakit kepala parah, nyeri mata, mual atau sensitivitas terhadap cahaya terang yang tidak biasa Ketidakmampuan untuk membuka mata atau mata Anda tetap terbuka
  2. Terasa bahwa ada sesuatu di mata sobat
  3. Untuk penyakit mata merah yang tidak jelas setelah beberapa hari, terutama jika terdapat nanah tebal atau hampir terus menerus atau keluar lendir, hubungi dokter Anda untuk mengatasinya.
Demikian dulu sobat artikel tentang penyebab mata merah semoga saja manfaat buat sobat di rumah .

Artikel Terkait