Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya

Kenali Penyebab, Gejala Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Yang Ampuh Dan Bagaimana Cara Penularannya? di artikel Ini :
Obat Trachoma Tradisional Trachoma (konjungtivitis granular, Oftalmia Mesir, dan menyilaukan trachoma) merupakan penyakit mata yang menular, penyebab utamanya yaitu bakteri Chlamydia trachomatis . Infeksi mengakibatkan bintik benjolan/roughening pada permukaan bagian dalam kelopak mata. Roughening ini dapat menyebabkan sakit pada mata, keruksakan pada kornea mata, dan mungkin berujung kebutaan. Jika tidak segera diatasi, infeksi trachoma berulang dapat menghasilkan bentuk kebutaan permanen ketika kelopak mata berbalik ke dalam.

Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya

Berulangnya infeksi dan peradangan menyebabkan parut pada konjungtiva, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelopak mata bagian dalam menjadi bergubah. Sebagai kelopak mata bergulir ke dalam, bulu mata mulai menggores kornea (trichiasis). Selain Chlamydia trachomatis, sel lain juga yang bersifat bakteri atau jamur dapat menjadi penyebabnya.

Iritasi kornea mengakibatkan keruhnya kornea mata yang pastinya mengganggu penglihatan. Pada masyarakat hiper-endemik, kehilangan penglihatan dan kebutaan dapat terjadi pada orang dewasa yang relatif masih muda. Wanita memiliki dua sampai tiga kali lipat beresiko terkena trachoma dan kebutaan daripada pria, karena wanitalah yang paling sering bersentuhan dan merawat anaknya yang menjadi sumber utama penular penyakit ini, karena anak-anak lebih rentan terkena bakteri.

Lingkungan yang padat penduduk, kurangnya pelayanan air bersih dan sanitasi yang memadai merupakan beberapa penyebab dari banyak faktor resiko terjangkit trachoma. maka dari itu, trachoma merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat yang awam dengan cara pencegahannya.

Cara Pencegahan

Ada beberapa faktor yang dapat mencegah serangan trachoma/trahum secara masal
  1. Kesadaran masyarakat harus dibiasakan hidup bersih dan sehat
  2. Pemerintah harus berusaha menyediakan sumber air yang jauh dengan limbah atau kotoran
  3. Selalu sediakan obat tetes yang aman kemanapun kita pergi
  4. Bersihkan mata dan muka dengan air/berwudlu setelah bepergian, terutama bagi pengendara motor
  5. Hindari kontak mata dengan penderita, sebaiknya membantunya untuk diobati ke dokter jika kondisinya sudah kronis.

Gejala-gejala mata trachoma

  • Membengkaknya kelopak mata,
  • Iritasi mata (memerah, berair juga gatal),
  • Kornea mata meradang karena infeksi,
  • Kelopak mata berlipat dengan bulu mata yang saling bergesekan langsung pada bola mata,
  • Ketidak-mampuan melihat cahaya terang, dan
  • Gangguan penglihatan yang berlanjut pada kebutaan.

Penyebab trachoma

Trachoma disebabkan oleh tipe tertentu dari Chlamydia trachomatis, Bakteri yang juga dapat menyebabkan infeksi klamidia yang menular secara seksual. Trachoma menyebar melalui kontak dengan cairan mata atau hidung dari orang yang menderita, bisa juga dari tangan, pakaian, handuk dan serangga semua bisa menjadi jalan untuk transmisi penularan. Selain itu, lalat juga merupakan sarana utama penyebaran penyakit ini. Jadi, waspadalah!

        Lihat pula: Obat Sakit Mata Merah dan Belekan yang Ampuh - Treat Red Eyes
 

Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya

Obat Trachoma Tradisional

Bagi Anda yang sedang mencari berbagai bahan untuk obat alami trachoma memang gampang-gampang susah ya, karena tidak setiap wilayah tersedia bahan-bahan yang akan saya uraikan. Tapi, halooo... Hidup dizaman modern tidak ada yang patut dikatakan susah, benar? Selama kita berusaha, pasti akan ada jalan keluarnya. Sehat adalah hukum alam bagi orang yang sungguh-sungguh ingin sehat. Next...

Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya
  • Biji Anggur

Ekstrak biji anggur mempunyai kandungan oligomeric proanthocyanidins atau OPC yang memiliki kandungan anti-oksidan serta bersifat sebagai anti-histamin yang efektif mengatasi trachoma. Kandungan lainnya dalam biji anggur adalah vitamin E, asam linoleat, dan flavonoid. Biji anggur diyakini mampu mengobati diabetes retinopati, rabun seja, dan degenerasi makula.

Pendapat dari Susan G. Komen Fondation salah satu pakar ahli mata, ekstrak biji anggur dieksplorasi sebagai pilihan untuk banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes retinopati. Selain itu sebuah Universitas Kesehatan di Maryland mengatakan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari, walaupun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan agar dapat mengklaim pernyataan ini secara ilmiah. Namun walaupun begitu, pernyataan yang masih berupa teori tersebut dikuatkan oleh University of Colorado, Denver.

Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya
  • Bunga Kitolod 

 Menurut Prof.(HC) Dr. H.W. Isnandar, seorang pakar TOGA pimpinan Jamu Dayang Sumbi, kita dapat menggunakan bunga segar kitolod untuk pengobatan mata mulai dari trachoma, rabun, katarak bahkan mata minus dan plus. Hanya dengan mengambil bunga kitolod yang masih segar, kemudian dimasukkan kedalam segelas air putih, gelas ditutup dan dibiarkan 5 menit kemudian digunakan untuk merambang atau merendam mata. Hal ini dilakukan tiap hari sampai sembuh. Selain bunganya, di beberapa daerah juga digunakan beberapa daun kitolod yang telah dipotong pucuknya, kemudian di celupkan dalam segelas air bersih dan digunakan untuk menetesi mata. Mata akan terasa sangat pedih, tetesi terus sampai rasa pedihnya berkurang dan hilang.
Penyebab Dan Obat Trachoma Tradisional Disebabkan Oleh Virus Dan Cara Penularannya
  • Ekstak Blueberry

Pada Blueberry yang merupakan salah satu bahan utama suplemen kesehatan obat tradisional trachoma ini memiliki khasiat mampu menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya penglihatan, mengurangi kelelahan pada mata, menunda penuaan saraf otak, melawan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dll. Ahli nutrisi dari Amerika menyarankan untuk mengkonsumsi 40-80gram blueberry setiap harinya untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan blueberry mempunyai kandungan VMA yang mampu mendorong pengantaran nutrisi ke mata, mendorong pembentukan rhodopsin, mencegah myopia berat dan detasemen retina.

Mungkin cukup sekian yang dapat kami postkan hari ini mengenai Obat Tradisional Trachoma ini. Terimakasih dan Salam sehat semoga sembuh!

Artikel Terkait