Askep Cacat Mata Presbiopi dan Cara Mengatasinya dengan Kaca Mata Lensa dan Obat Herbal

Assalamualaikum Selamat datang Di http://caramengobatisakitmata.blogspot.com/ Kumpulan obat sakit mata baik alami maupun dari obat yang biasa anda beli di apotik resep dokter.
Apa sih Presbiopi itu? Istilah Presbiopi berasal dari Bahasa Yunani Presbys yang artinya orang tua dan kata Opia artinya mata, Jadi kata presbiopi adalah merupakan mata tua. mata merupakan salah satu alat indra manusia dan merupakan peran penting bagi manusia yaitu berfungsi sebagai alat penglihat.

Dengan adanya indra mata kita bisa melihat cahaya, warna, dan berbagai macam benda lainnya. secara garis besar mata memiliki 2 bagian yaitu mata bagian dalam yang terdiri dari dindng bola mata, sklera, kornea, koroid,, retina, dan untuk mata bagian luar terdiri dari alis mata, kelopak mata,dan bulu mata.

Askep Cacat Mata Presbiopi dan Cara Mengatasinya

Askep Cacat Mata Presbiopi dan Cara Mengatasinya dengan Kaca Mata Lensa dan Obat Herbal
Gangguan Presbiopi atau mata tua ini bisa disebabkan karena daya akomodasi pada lensa mata tidak bekerja dengan benar. Akomodasi adalah kemampuan mata yang berfungsi untuk mencembungkan dan memipihkan, sehingga hal ini bisa mengakibatkan lensa pada mata tidak dapat memfokuskan cahaya ke titik kuning dengan tepat.

Presbiopi atau mata tua sering di alami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia mulai dari usia 40 tahun hingga usia diatas 60 tahun. sehingga bagi orang-orang yang menderita presbiopi akan berkurang terhadap jarak panglihatannya, baik dalam jarak dekat maupun pada jarak jauh sekalipun.

Presbiopi disebabkan oleh ?

Penyebab dan Gejala Presbiopi

1. Mata tua bisa disebabkan karena tidak maksimalnya fungsi daya akomodasi pada lensa mata.
2. Faktor usia, yang rentan kena mata tua yaitu pada usia 40 tahun atau pada usia 65 tahun.
3. Faktor keturunan pun bisa menyebabkan terjadinya mata tua.
4. Pola hidup serta asupan makanan yang buruk.
5. Diakibatkan karena kecelakaan, dimana menyebakan kerusakan pada mata.
6. Keseringan mengkonsumsi obat-obatan antidepresan, antihistamin, dan diuretik.
7. Gejala pertama yang akan dirasakan oleh penderita presbiopi yaitu merasakan kelelahan pada mata dan sakit kepala yaitu setelah membaca atau melakukan berbagai macam kegiatan dengan melihat suatu objek pada jarak dekat.
8. Memerlukan bantuan berupa pencahayaan yang cukup terang pada saat membaca.
9. Membaca jarak jauh, yaitu dengan cara menjauhkan buku atau objek yang akan dilihat.
10. Menyipitkan kedua belah mata pada saat membaca atau saat melihat objek pada jarak yang dekat.
11. Setelah membaca mata akan terasa pedih, berair serta mata merah.
12. memerlukan kaca mata bantu dalam melakukan segala kegiatan misalnya membaca.
13. Pada tahap terakhir para penderita bakalan kesulitan dalam membaca pada jarak dekat dan jarak jauh.

Cara Mengatasi Presbiopi

Karena presbiopi ini sering dialami oleh orang yang berusia diatas 40 sebaiknya menggunkan lensa ganda yang dilengkapi dengan lensa plus dan minus atau menggunakan lensa koreksii.

1. Sebelum mengguankaan kaca mata kita sebaiknya memeriksakan kondisi mata kita pada dokter ahli.

2. Konsultasikan kepada dokter mengenai kaca mata apa yan cocok untuk kita pakai. Karena saat kita membbeli sebuah kaca mata kita harus memastikan dulu ukuran skala pembesaran sesuai dengan kondisi mata kita, pastikan kaca mata yanng anda pilih cocok dan terasa nyaman saat di pakai.

3. Pilihlah kaca mata khusus untuk kaca mata baca.

Kacamata untuk presbiopi

Presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa yakni bisa menggunkan kacamata / lensa bifocal. Jenis kaamata ini pertama kali ditemukan oleh mantan Presiden America yaitu Benjamin Franklin. Lensa bifocal sering disebut dengan lensa dobel, lensa tua, karena lensa ini memilii dua fungsi yaitu melihat objek pada jarak yang jauh maupun dekat. Untuk penglihatan jarak dekat biasanya sekitar 30 cm sampai dengan 40 cm. Kaca mata ini memiliki garis pemisah yaitu ada yag berbetuk lingkaran ada jga yang berbentuk garis lurus.

Namun dengan seiringnya waktu, tampilan pada kaca mata bifocal kini memiliki perubahann, salah satunya yaitu menghilangkan garis pembatas pada kedua lensa, sehingga antara kedua lensa tersebut nampak tanpa ada pembatas. Selain itu lensa ini mengalami perubahan dari segi fokus, sebelumnya kacamata ini memiliki dua focus melainkan lensa multi focus, dan kaca mata ini dinamakan dengan lensa Progresive.

Lensa progressive ini memang khusus di tujukan kepada para penderita presbiopi. Lensa progresiive ini memiliki lensa multi fokus yaitu lensa untuk melihat objek pada jarak yang jauh, sedang maupun dekat. Selain berfungsi untuk melihat pada jarak jauh dan dekat, lensa ini bisa membantu jarak pandang anda saat melihat ke depan, ke bawah, dan lensa ini juga bisa digunakan pada saat bekerja di depan layar komputer.

Ada beberapa kelebihan dari lensa progressive ini yaitu :

1. Dari segi tampilan , kacamata ini memiliki tampilan yang sangat elegan, sehingga para orang tua yang menggunakan lensa ini tidak akan terlihat tua.

2. Kacamata progressive ini sangat nyaman digunakan.

3. Mampu mengatasi dan memenuhi kebutuhan penglihatan anda.

Obat presbiopi

Jika anda mengajukan pertanyaan untuk presbiopi misalnya dengan " apa obat untuk presbiopi  ? " maka perlu dicatat bahwa Untuk mengatasi presbiopia selain menggunakan kacamata berlensa anda juga bisa memanfaatkan obat-obatan herbal, yaitu anda bisa mengonsumsi obat herbal Eye Care Softgel. Eye care softgel ini merupakan obat produk herbal unggulan dari greenn world global.Obat eye care softgel terbuat dari 100 % bahan bahan alami yang terbukti akan khasiatnya.

Komposisi obat herbal Eye care softgel :
1. Ektrack Buah Blubery
Ekstrack buah blueberry memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya penglihatan, eningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kelelahan mata.

2. Ekstrack biiji angggur
Ekstrack buah bluberry dan ekstrack biji anggur memiliki khasiat yang sama yaitu berkahasiat untuk membantu daya penglihatan mata baik siang hari maupun pada malam hari.

3. Eyebright
Memiliki khasiat untuk membantu mengatasi mata berair, mata merah. Mata radang, dan masta katarak.

4. Ektrack ginkgo biloba
Berfungsi untuk memperbaiki penurunan fungsi retina serta membantu mempertahankan kemampuan penglihatan.

5. Lutein
Lutei berfungsi untuk mencegah penglihatan kabur, katarak, dan degenerasi makula.

6. Taurine
Menjaga daya tahan penglihatan mata serta berkhasiat untuk meningkatkan daya konsentrasi otak.

7. Zinc
Menghilangkan raasa gatal, perih pada mata dan menghilangkan berbagai macam gangguan mata.
Obat herbal ini sudah berstandar internasional sehingga sudah teruji akan kahasiat serta kuualitasnya oleh BPOM. Dan tentunya obat ini sangat aman dan halal untuk di konsumsi. Tidak ada efek samping dan tidak menyebabkan ketergantungan terhadap obat.

Meskipun presbiopio ini tidak bisa di cegah, tapi setidaknya anda harus menjaga mata anda sebaik mungkin, kareana mata merupakan jendela kehidupan. Maka jagalah mata anda dengan sebaik bainya, yaitu dengan cara menjaga pola hidup tetap baik, asupan makanan baik, seperti mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi tinggi dengan demikian anda sudah termasuk melakukan pencegahan presbiopi .

Itulah sekilas artikel tentang penyakit presbiopi mengnai cara mengatasi presbiopi yang bisa saya share kepada anda, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. dan terimakasih telah membaca dan berkunjung disini.

Artikel Terkait