Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Selamat datang Di caramengobatisakitmata.blogspot.com Kumpulan obat sakit mata baik alami maupun dari obat medis yang biasa anda beli di apotik.

Penyebab Mata Pegal Sebelah - Terdapat beberapa penyebab mata pegal atau lelah. Mata lelah atau disebut astenopia dapat disebabkan karena mata bekerja terlalu lama. Aktifitas yang terus-menerus di depan komputer/laptop dalam jangka waktu yang terlalu lama memang dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus/pandangan kabur, pedih, silau dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala. Selain itu mata pegal dapat pula disebabkan oleh peningkatan tekanan bola mata (glaukoma), infeksi pada mata, gangguan otot mata.

Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya

Dengan membaca artikel penyebab mata pegal ini diharapkan kita bisa menghindarinya agar bisa selalu menjaga kesahtan mata yang kita sayangi ini .

Penyebab Mata Pegal Sebelah

Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya

Sebagaimana saya telah sebutkan bahwa gangguan yang dialami mata karena otot mata ini dipaksa bekerja keras terutama saat harus melihat objek dekat dalam tenggang waktu yang melebihi batas normal. Sebuah survei di Amerika pernah menemukan sekitar 90% pengguna komputer secara kontinu 3 jam sehari rata-rata pernah mengalami mata lelah.

Otot mata sendiri terdiri dari tiga sel-sel otot eksternal yang mengatur gerakan bola mata, otot ciliary yang berfungsi memfokuskan lensa mata dan otot iris yang mengatur sinar yang masuk ke dalam mata. Semua aktifitas yang berhubungan dengan pemaksaan otot-otot tersebut untuk bekerja keras, sebagaimana otot-otot yang lain akan bisa membuat mata mengalami  gangguan ini. 
 

Gejala mata terasa pegal biasanya akan muncul setelah  beberapa jam kerja. Pada saat otot mata menjadi letih, mata akan menjadi tidak nyaman atau sakit.  Ini akan dapat mempengaruhi pandangan yang bisa menjadi samar karena terganggunya kemampuan untuk memfokuskan, hingga sakit kepala ringan  sampai cukup serius. Seperti dijelaskan tadi, bahwa melihat suatu objek pada jarak yang sama terus-menerus akan dapat menyebabkan otot-otot mata menjadi lelah, terutama pada orang yang bekerja dengan jarak sangat dekat dengan monitor komputer. 
Beberapa faktor penyebab lain yang bisa menyebabkan hal ini terutama adalah kesahan menggunakan kaca mata yang tidak sesuai. Faktor lainnya meliputi pencahayaan yang kurang mendukung dan masalah-masalah alergi atau mata kering.

Namun untuk memastikan mata kita tidak ada kelainan refraksi, gangguan saraf atau gangguan pada otot-otot, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis mata untuk pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang lebih detail.

Cara Mengatasi Mata Pegal Sebelah
Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah sebagaian cara mengatasi mata yang pegal sebelah dengan tanpa alat bantuan, cukup dengan cara sederhana dan bisa dilakukan dirumah dalam waktu santai. Lihat tutorialnya:

A. Senam Mata

Sebaiknya diawali & diakhiri dengan menggosok-gosokan telapak tangan sampai panas kemudian ditempelkan di mata.
  1. Kepala tegak lurus ke depan. 
  2. Gerakkan bola mata ke kiri & kanan, usahakan seperti ingin melihat telinga. Ulangi 5-10x.
  3. Mata melihat ke langit2/atas, kemudian ke lantai. Ulangi 5-10x.
  4. Gerakkan bola mata ke atas, tahan, kemudian ke kiri atas & ke kanan atas. Ulangi 5-10x.
  5. Gerakkan bola mata ke bawah, tahan, kemudian ke kiri bawah & ke kanan bawah. Ulangi 5-10x.
  6. Gerakkan bola mata ke atas & ke bawah pada sudut2 yang berlawanan (selang-seling), mulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Ulangi 5-10x.
  7. Gerakkan bola mata seperti sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.
  8. Putar bola mata ke kiri searah jarum jam 5-10x kemudian berlawanan arah jarum jam 5-10x. Ulangi 5-10x. Pada saat berganti putaran hentikan dulu dan pejamkan mata 5-10 detik baru mulai lagi.

B. Memijat Mata

Pijat mata ini berguna untuk menganggulangi berbagai penyakit mata. Jika dipadukan dengan senam mata maka akan menghasilkan keuntungan 5M:
  • Mampu memperbaiki kondisi kejiwaan seseorang yang punya emosi meledak-ledak
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Meningkatkan semangat belajar & bekerja
  • Memperbaiki otot & sirkulasi darah,terutama sekitar mata
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
Sebelum dan sesudahnya, sebaiknya diawali dan diakhiri dengan menggosokkan kedua telapak tangan sampai panas. Kemudian ditempelkan pada kedua kelopak mata. Selain itu, gerakkan kepala ke kanan kiri atas bawah masing2 sebanyak 2 kali. Selanjutnya baru kita mulai pijat mata:
  1. Pertama pijat kedua ujung alis mata bagian dalam dengan ibu jari. Apabila terasa sakit, pijat pelan-pelan sebanyak 10 hitungan. Ulangi 3x.
  2. Tekan perlahan di bagian bawah kelopak mata dengan telunjuk. Lakukan 10x dan ulangi 3x.
  3. Pijat ujung alis bagian luar dan ujung mata bagian luar dengan jari tengah dan telunjuk. Lakukan 10x dan ulangi 3x.
  4. Pijat sekitar mata dimulai dari samping hidung dekat mata ke arah alis lalu bagian mata samping dan kembali ke tempat semula. Bila ada yang terasa sakit, pijat daerah tersebut 10x dan ulangi 3x.
Lihat juga: Kenapa Habis Tidur Mata Berbayang Berkunang-Kunang ?

Cukup sekian saja tentang Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya ini. Keluhan pembaca semua semoga dapat sembuh dengan cepat.

Artikel Terkait