Cara Mengobati Sakit Mata Belekan dan Merah sebelah dan dua-duanya yang Cepat pada Orang dewasa dan Bayi secara Tradisional

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Selamat datang Di caramengobatisakitmata.blogspot.com Kumpulan obat sakit mata baik alami maupun dari obat medis yang biasa anda beli di apotik.

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan  . Terkadang kita menyepelakan mata belekan padahal mata merah dan belekan adalah Salah satu penyakit mata yang mengganggu . belek bisa diartiken dengan adanya kotoran di ujung mata. Mata belekan atau berair adalah salah satu tanda alias ciri  yang nampak ketika mengalami gangguan atau penyakit mata . Ini adalah suatu indikator bahwa ada kotoran di mata.

Pada bayi, Mata belekan adalah hal yang biasa jika muncul dalam jumlah yang wajar dan terbatas. Namun jika jumlahnya tidak wajar bahkan membuat bayi kesulitan membuka kelopak mata, maka diperlukan obat sakit mata . Nah di sini kita akan mengkaji cara penangan mata belakan pada bayi dengan judul :

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan dan Merah sebelah dan dua-duanya yang Cepat pada Orang dewasa dan Bayi secara Tradisional

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan

Pada bayi biasanya disebabkan adanya sumbatan pada saluran air mata yang menuju hidung. Hal ini sangat dimungkinkan dan dokter akan memberikan obat yang tepat untuk menyembuhkannya. Namun sebelumnya harus diperiksa dengan teliti apakah air mata dan belek yang ada masih dalam batas wajar atau tidak, karena pemberian obat akan memberi efek negatif jika ternyata bayi itu sehat. penyebab penyakit mata belekan

Penyebab Sakit mata Belekan


Mata belekan di sebut juga dengan konjungtivitis penyakit ini di tandai dengan mata merah, mata berair, ada kotoran di mata ( belekan ) , lengket seperti ada benda asing , kadang-kadang bengkak bisa menyerang bayi baru lahir hingga orang tua. Bila terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam di sebut hiperakut, akut bila kurang dari 4 minggu dan kronis lebih dari 1 bulan . penyebab penyakit mata belekan

Penyebab konjungtivitis ini bermacam-macam, seperti alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), infeksi bakteri, virus. Bahkan bakteri penyebab Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Gonorrehoea (kencing nanah,) Chlamydia, Molluscum contagiosum dapat menyebabkan konjungtivitis, terutama pada bayi yang baru lahi

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Dengan Cepat


Sakit Mata Akibat Debu

Pertama adalah cara mengobati sakit mata akibat debu . jika Mata blekan yang diakibatkan oleh debu biasanya tidak begitu beresiko dan dalam waktu yang cepat dapat sembuh sendiri dan warna merahnya pudar kembali kewarna putih warna mata sehat awalnya. Pada sakit mata merah akibat debu bisa ditangani dengan obat sakit mata menggunakan bahan-bahan herbal alami seperti daun sirih atau cukup mencuci dengan air bersih.

Sakit Mata Merah Akibat Alergi

Mata merah karena alergi bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya saja debu yang kotor, serbuk sari tanaman, bulu hewan dan beberapa penyebab lain yang membuat mata terasa gatal dan menyebabkan mata menjadi merah. Penanganannya bisa dengan mencuci dengan air mengalir yang bersih dan kompres dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin. Pada kasus ini bisa menggunakan obat tetes mata baik yang alami maupun obat tetes mata dari apotek, namun disarankan untuk cek dan ricek obat tetes mata tersebut dengan baik.

Sakit Mata belekan Akibat Infeksi

Sakit mata yang menyebabkan mata belekan dan  merah dengan gejala mata terasa gatal dan seperti ada yang mengganjal lalu air mata sering keluar dan tidak nyaman pada mata. Terkadang pada waktu bangun tidur mata susah untuk dibuka karena banyak kotoran mata atau belekan. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, virus dan jamur. Pada sakit mata merah akibat infeksi dapat menular dengan mudah, untuk itu bagi yang terinfeksi untuk memakai kaca mata dan yang sehat untuk tidak secara langsung bertatap muka dalam jarak yang dekat. Bagi yang sakit mata diharuskan memakai obat tetes mata yang tepat.

Untuk obat sakit mata yang diakibatkan infeksi dengan gejala mata merah keluar air mata secara terus menerus dan belekan bisa menggunakan obat tetes mata yang tepat atau sebaiknya cek ke dokter kesehatan mata yang terdekat agar dapat ditangani lebih maksimal.

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan khusuh pada bayi :


  1. Apabila Belekan masih normal, dengan artian belek pada mata bayi hanya sedikit di pagi hari dan tidak sampai membuat mata bayi lengket. Maka Anda cukup membersihkan matanya menggunakan kapas dan air hangat, dengan arah bagian dalam ke arah luar mata.
  2. Apabila belek pada bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan matanya lengket. Coba kompres mata bayi dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Hal ini akan mempermudah anda membersihkan kotoran pada mata bayi.
  3. Refleksi atau pemijatan pad bayi , caranya :
    1. Cuci tangan sebelum memijat, dan kuku jari tangan tidak panjang, dan kulit telapak tangan tidak kasar.
    2. Pijatan untuk membuka jalur air mata yang tersumbat akibat belek, biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari (Apabila Ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain) dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah), atau dengan gerakan berputar-putar. Lakukan gerakan ini 2 - 3 kali sehari.
    3. Kulit maupun otot si kecil masih tipis, sehingga gerakan pemijatan tidak boleh terlalu keras dan menekan. 
Namun bila upaya diatas tidak kunjung sembuh maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter masalah sakit mata anda dan juga sakit mata bayi anda .

Artikel Terkait